HEADLINE : Wabah Campak dan Gizi Buruk Menyebabkan Kematian di Asmat Diduga Keras Pelanggaran HAM Yang Serius - Tidak Semua Wilayah Asmat Bisa Dijangkau, September Hingga Januari 2018 Terdapat 568 Penderita Campak - Lukas Enembe dan Klemen Tinal Resmi Mendaftar ke KPU Papua - Pemprov Papua: ASN Terlibat Urusan Pilkada Harus Lepaskan Status Pegawai - ,
Breaking News
Home » Hukum » Calon Hakim Agung Miskin Malah Dipuji-puji Netizen

Calon Hakim Agung Miskin Malah Dipuji-puji Netizen

 

Wartaplus. Komisi Yudisial (KY) telah meloloskan 14 nama calon hakim agung dalam proses seleksi dan rekrutmen tahap III. Nama yang paling “menonjol” adalah Ali Hanfiah Selian. Alasannya, Ali diketahui sebagai calon hakim agung termiskin, dengan harga kurang dari Rp400 juta.

Berdasarkan data laporan harta kekayaan terakhir yang disetor Ali ke KPK, dosen UIN Jakarta ini memiliki rumah di Depok seharga Rp 308 juta. Adapun kendaraan yang ia tumpangi senilai Rp 242 juta, yang terdiri atas Toyota Rush 2013 seharga Rp 215 juta dan dua sepeda motor. Ditambah harta lainnya, Ali total memiliki harta Rp 655 juta. Namun, dengan utang Rp 265 juta, harta riil yang dimiliki Ali hanya sebesar Rp 390 juta.

Jumlah ‎harta Ali kalah dibanding calon hakim agung lainnya. Contohnya, Gazalba Saleh yang diketahui memilik harta sekitar Rp 1,2 miliar. Atau Jaliansyah yang diketahui memiliki belasan rekening dan sejumlah tanah.

Ditemui sejumlah media, kemarin, Ali mengaku sudah menjadi dosen sejak 2002 silam. Dia pertama mengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Jakarta. Selain itu dia juga mengajar di sejumlah universitas lain seperti UPN Jakarta dan Universitas Pamulang. Penghasilan lain didapat Ali dari honor memberi ceramah keagamaan dan mengisi seminar. Penghasilan istri yang bekerja sebagai karyawan di sebuah bank swasta juga menambah keuangan keluarga.

“Kalau ada jadwal, berapa pun honornya ya dateng. Jadi tidak pernah memikirkan honor, untuk dosen itu kecil sekali honornya, tapi bagi saya itu pengabdian, bagi muslim itu ibadah,” tutur Ali yang meraih S1 dari Universitas Syah Kuala, Aceh.

Soal hartanya yang dikorek Pansel KY, Ali mempersilakannya. Dia pun tak malu menjadi calon hakim termiskin. “Saya kira bagus-bagus saja. Hakim agung kan pejabat negara, harus siap. Siap terbuka melaporkan kepada publik kekayaanya itukan memang pertanggungjawabannya. Ini bukan membuka aib orang.  Kalau memang tidak siap ya jangan masuk ke ranah itu,” tegasnya.

Menanggapi calon hakim agung ‘termiskin’ ini, netizen menaruh harapan. Pembaca di link berita terkait memuji Ali yang dinilai sederhana.‎ “Mungkin itu lebih berkah,” tulis akun @joko_w_2

Sementara pembaca dengan akun @ahmadbasahir berharap Ali tetap istiqomah dalam kesederhanaannya sebagai akademisi. ‎”Semoga amanah kalau terpilih dan tidan goyang dengan godaan,” doanya‎.‎  RM

Check Also

Farhat Abbas Laporkan Nikita Mirzani ke Polisi

WARTAPLUS – Farhat Abbas kembali mendatangi Polda Metro Jaya, Selasa, 16 Januari 2018. Kedatangan Farhat ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *