HEADLINE : Wabah Campak dan Gizi Buruk Menyebabkan Kematian di Asmat Diduga Keras Pelanggaran HAM Yang Serius - Tidak Semua Wilayah Asmat Bisa Dijangkau, September Hingga Januari 2018 Terdapat 568 Penderita Campak - Lukas Enembe dan Klemen Tinal Resmi Mendaftar ke KPU Papua - Pemprov Papua: ASN Terlibat Urusan Pilkada Harus Lepaskan Status Pegawai - ,
Breaking News
Home » GENERAL » Bupati Jayapura Canangkan 10 Ribu Sertifikat Bagi Masyarakat Komunal
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw saat menandatangani sertifikat/Aka

Bupati Jayapura Canangkan 10 Ribu Sertifikat Bagi Masyarakat Komunal

SENTANI,-  Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mencanangkan pemberian 10 ribu sertifikat yang akan diserahkan kepada masyarakat adat maupun lembaga-lembaga lain yang memiliki tanah di berbagai tempat yang ada di Kabupaten Jayapura.

“Tahun ini kita mendapatkan 10 ribu sertifikat dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang akan diserahkan kepada seluruh masyarakat, terutama kepada masyarakat adat atau masyarakat di kampung-kampung,” ungkapnya kepada wartawan usai mencanangkan 10 ribu sertifikat bersama-sama dengan BPN Kabupaten Jayapura di lapangan apel gunung merah kantor Bupati Jayapura, Rabu (26/7).

Mathius, menyatakan dengan program kebangkitan masyarakat adat yang sudah dilaksanakan selama ini di Kabupaten Jayapura ini juga di dukung dengan aspek yang penting, yaitu kepastian kepemilikan hak ulayat masyarakat adat.

“Ini semakin terintegrasi program nasional dan program daerah yang kita terus dorong, untuk jati diri dan penghargaan terhadap hak-hak masyarakat di tanah Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura,” ujarnya.

Lebih lanjut kata Mathius, dengan adanya sertifikat yang diberikan oleh BPN, maka kedepan ada kepastian hukum mengenai kepemilikan tanah sehingga semua orang bisa akses informasi tentang kepemilikan tanah.

“Jadi kalau orang mau beli dia tinggal lihat di akses informasi melalui media online mengenai status tanah. Jadi BPN akan menertibkan satu informasi tentang tanah di seluruh Indonesia, secara khusus kita di Papua,” jelasnya.

Persoalan tanah di Papua memang begitu rumit, sehingga menurut Mathius upaya pemberian sertifikat tanah sebanyak 10 ribu ini merupakan upaya hukum kepada masyarakat adat, tetapi juga semua masyarakat di Papua, secara khusus di Kabupaten Jayapura.

“Saya pikir ini program sangat bagus untuk meringankan beban masyarakat dalam kepengurusan-kepengurusan sertifikat tanah di Kabupaten Jayapura,” pungkasnya. [Aka]

Check Also

Setiap OPD Provinsi Diminta Siapkan Data Untuk Penyusunan LKPJ AMJ Gubernur

JAYAPURA,- Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua diminta untuk mulai menyiapkan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *