HEADLINE : Wabah Campak dan Gizi Buruk Menyebabkan Kematian di Asmat Diduga Keras Pelanggaran HAM Yang Serius - Tidak Semua Wilayah Asmat Bisa Dijangkau, September Hingga Januari 2018 Terdapat 568 Penderita Campak - Lukas Enembe dan Klemen Tinal Resmi Mendaftar ke KPU Papua - Pemprov Papua: ASN Terlibat Urusan Pilkada Harus Lepaskan Status Pegawai - ,
Breaking News
Home » Hukum » Bos PT CMP Terima Dihukum Penjara 4 Tahun     

Bos PT CMP Terima Dihukum Penjara 4 Tahun     

 

Wartaplus. So Kok Seng alias Aseng, divonis 4 tahun penjara. Komisaris PT Cahaya Mas Perkasa itu terbukti menyuap anggota DPR dan pejabat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR.

“Mengadili, menyatakan terdakwa terbukti secara sah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama,” putus ketua majelis hakim Mas’ud dalam pembacaan vonis di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.

Aseng juga dikenakan denda Rp 150 juta subsider 3 bulan kurungan. Dalam pertimbangannya, majelis hakim menilai Aseng terbukti menyuap tiga anggota Komisi V DPR: Damayanti Wisnu Putranti, Musa Zainuddin dan Yudi Widiana Adia. Juga Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) IX Maluku-Maluku Utara Kementerian PUPR, Amran HI Mustary.

Asep menyuap anggota Dewan menyerahkan program aspirasi DPR di BPJN IX digarap perusahaan Aseng dan PT  Windhu Tunggal Utama. Program aspirasi itu berupa proyek pembangunan dan rekonstruksi jalan.

Aseng ikut urunan dana kampanye pilkada Jawa Tengah. Uang diserahkan kepada Damayanti. Aseng dan Khoir juga patungan untuk “membeli” program aspirasi Musa.

Sementara uang untuk membeli program aspirasi Yudi diserahkan lewat M Kurniawan, bekas staf Yudi. Untuk Yudi, Aseng menggelontorkan Rp2 miliar dan Rp4 miliar. Adapun uang suap untuk untuk Amran 140 ribu dolar Amerika dan Rp2,5 miliar.

Majelis hakim mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan vonis, yakni Aseng tidak mendukung pemberantasan korupsi dan tidak berterus terang saat persidangan.

Usai mendengarkan vonis, Aseng dan penasihat hukumnya menyatakan tak banding. “Saya menerima keputusan,” ujar Aseng.

Vonis yang dijatuhkan hakim lebih rendah dari tuntutan jaksa KPK. Sebelumnya jaksa KPK meminta Aseng dihukum 5 tahun penjara dan denda Rp250 juta subsider 6 bulan kurungan.

Kemarin, Pengadilan Tipikor Jakarta juga membacakan vonis untuk Saipul Jamil. Pedangdut itu akhirnya dihukum 3 tahun penjara karena menyuap untuk mendapatkan vonis ringan dalam perkara pencabulan. RM

Check Also

JK Cerita Sodorin Anies Ke Prabowo

Wartaplus. Di tengah ribut-ribut soal mahar politik, Wapres JK membela Prabowo Subianto. JK menegaskan, sepengetahuannya, Ketum ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *