HEADLINE : Wabah Campak dan Gizi Buruk Menyebabkan Kematian di Asmat Diduga Keras Pelanggaran HAM Yang Serius - Tidak Semua Wilayah Asmat Bisa Dijangkau, September Hingga Januari 2018 Terdapat 568 Penderita Campak - Lukas Enembe dan Klemen Tinal Resmi Mendaftar ke KPU Papua - Pemprov Papua: ASN Terlibat Urusan Pilkada Harus Lepaskan Status Pegawai - ,
Breaking News
Home » NEWSPLUS » Bahaya Konsumsi Jeroan Ayam Bagi Kesehatan

Bahaya Konsumsi Jeroan Ayam Bagi Kesehatan

WARTAPLUS – Jeroan adalah daging bagian dalam yang ada pada hewan, misalnya ayam, kambing, sapi, dan sebagainya. Biasanya berupa usus, rempelo, hati, dan sebagainya. Jeroan juga bisa disebut dengan organ. Biasanya bagian ini disukai oleh sebagian orang, namun ada juga yang sangat sukar untuk memakannya.

Berbicara tentang jeroan, tahukah anda kalau ternyata mengkonsumsi jeroan akan memberikan efek buruk bagi kesehatan? Ya, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bahwa jeroan memiliki kandungan zat tertentu yang membahayakan tubuh jika dikonsumsi terlalu sering atau terlalu banyak. Memang setiap negara memperlakukan jeroan secara berbeda-beda. Ada yang menganggap jeroan sebagai sampah, ada juga yang menganggap jeroan memiliki gizi tertentu. Bahkan di Amerika, jeroan tidak bisa dikonsumsi manusia dan hanya diberikan pada hewan ternak. Bagaimana? Apakah anda masih mau mengkonsumsi jeroan berlebih?

Jeroan sebenarnya tidak layak untuk dikonsumsi secara berlebihan, hal ini karena banyak bakteri yang susah diberihkan, khususnya pada bagian usus dan rempelo. Apa saja bahaya yang akan terjadi jika mengkonsumsi jeroan? Berikut ini beberapa bahaya mengkonsumsi jeroan bagi kesehahat:

1. Jeroan mengandung racun

Berdasarkan penjelasan yang diberikan oleh para ahli, bahwa jeroan mengandung berbagai nutrisi, namun disamping itu jeroan juga mengandung berbagai racun. Hati dan ginjal hewan penuh dengan racun yang disaring dari darah. Racun yang dimaksudkan diantaranya seperti merkuri, timah, arsenik, kromium, kadmium, selenium, dan lain sebagainya. Maka mengkonsumsi jeroan seperti hati dan ginjal sama saja mengkonsumsi racun.

2. Mengganggu pencernaan

Jeroan juga tidak baik untuk kesehatan pencernaan. Hal ini karena jeroan memiliki tekstur yang keras, sehingga sulit untuk dicerna dalam sistem pencernaan. Usus yang dikonsumsi juga mengandung banyak bakteri karena merupakan organ pencernaan. Jika pengolahan usus tidak benar atau kurang bersih, maka bisa menyebabkan terjadinya sakit perut bagian bawah.

3. Menyebabkan sakit pinggang, encok, rematik, dan asam urat

Mengkonsumsi jeroan terlalu sering juga bisa menjadi penyebab datangnya berbagai macam penyakit seperti sakit pinggang, encok, rematik, asam urat, dan lain sebagainya. Jika sebelumnya anda sudah mengalami sakit seperti yang telah disebutkan, maka sebaiknya anda menghindari jeroan agar penyakit anda tidak menjadi lebih parah. Hal ini karena jeroan mengandung purin yang tinggi yang bisa menyebabkan penyakit asam urat atau sebagainya.

4. Sakit kepala belakang

Beberapa orang mengaku mengalami sakit kepala bagian belakang setelah mengkonsumsi jeroan. Hal ini karena kandungan yang terdapat dalam jeroan itu sendiri. Apabila anda merasakan sakit kepala bagian belakang setelah makan jeroan, dan juga tidak kunjung sembuh, maka sebaiknya segera konsultasi dokter untuk mengetahui penyebab pasti dari sakit kepala yang anda alami tersebut.

5. Gangguan pertumbuhan janin

Bagi ibu yang sedang dalam masa kehamilan, sebaiknya tidak mengkonsumsi jeroan. Kandung zat-zat yang terdapat dalam jeroan akan dapat mengakibatkan gangguan pada janin. Ya, pertumbuhan janin akan terganggu dan bahkan dapat menyebabkan alergi pada ibuh yang sedang hamil. Konsumsilah makanan lain selain jeroan agar terhindar dari gangguan pada pertumbuhan janin dan kesehatan si ibu.

6. Mengandung kolesterol tinggi

Seperti yang telah kita ketahui bahwa daging, khususnya jeroan tentu mengandung kolesterol, bahkan kandungan pada jeroan ini sangatlah tinggi. Jika dikonsumsi secara berlebihan akan dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner, obesitas, darah tinggi, dan bahkan stroke hemorganik. Kandungan kolesterol yang paling tinggi yaitu terdapat pada usus, otak, dan hati.

7. Penyebab jerawat dan masalah kulit lainnya

Memasak jeroan dengan cara dicampur santan akan dapat menambah kandungan lemak. Tentu saja hal ini dapat menyababkan munculnya jerawat pada kulit wajah. Bukan hanya itu saja, mengkonsumsi jeroan secara berlebihan atau terlalu sering juga bisa menyebabkan kulit menjadi lebih gelap, kering, dan keriput. Maka jika ingin memiliki kulit yang sehat dan bersih, maka hindarilah mengkonsumsi jeroan.

Demikianlah informasi tentang 7 Bahaya Mengkonsumsi Jeroan bagi Kesehatan. Jeroan memang terasa lezat, namun jangan sering-sering mengkonsumsi jeroan ya, karena jeroan kurang baik untuk kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

[VIVA]

Check Also

Farhat Abbas Laporkan Nikita Mirzani ke Polisi

WARTAPLUS – Farhat Abbas kembali mendatangi Polda Metro Jaya, Selasa, 16 Januari 2018. Kedatangan Farhat ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *