HEADLINE : Wabah Campak dan Gizi Buruk Menyebabkan Kematian di Asmat Diduga Keras Pelanggaran HAM Yang Serius - Tidak Semua Wilayah Asmat Bisa Dijangkau, September Hingga Januari 2018 Terdapat 568 Penderita Campak - Lukas Enembe dan Klemen Tinal Resmi Mendaftar ke KPU Papua - Pemprov Papua: ASN Terlibat Urusan Pilkada Harus Lepaskan Status Pegawai - ,
Breaking News
Home » HAI PAPUA » Bagaimana Nasib Ricardinho?
Pemain Asing Persipura asal Brasil, Ricardinho/Djarwo

Bagaimana Nasib Ricardinho?

JAYAPURA,- Ricardo Silva de Almeida, salah satu legiun asing asal Brasil yang memperkuat tim Persipura, akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat lantaran performanya yang belum mendekati ekspektasi. Posisinya sebagai seorang playmaker Persipura, dianggap kalah kelas dengan para pemain lokal.

Apa ada yang salah dengan karirnya? Lalu apa maksud dari postingannya di media sosial Facebook dan Instagram miliknya, yang diunggah Selasa (1/8) kemarin? Entahlah, tapi dari isi postingan tersebut seperti ada sebuah pesan mendalam yang hendak disampaikannya.

Sekilas Tentang Ricardinho

Yah, begitulah sapaan akrabnya, Ricardinho pertama kali didatangkan oleh manajemen Persipura tanggal 29 Agustus 2016. Sebelum direkrut Persipura, dirinya terakhir kali bermain di klub asal Nikaragua, Real Esteli. Jika dilihat dari jejak rekamnya, tak ada yang spesial dalam karir sepakbolanya. Satu-satunya klub sepakbola ternama yang pernah dibelanya hanyalah Corinthians, klub yang terkenal telah membesarkan pemain-pemain bintang dunia semacam Socrates, Dunga, Dida dan Carlos Tevez. Bahkan pemain setenar Ronaldo Luiz Nazario de Lima juga pernah bermain disana. Sayang, nama Ricardinho hanya tercatat sebagai pemain Corinthians Junior di tahun 2002-2003.

Pemain kelahiran Sao Paulo 2 Juni 1989 itu, mencatatkan karir gemilangnya sewaktu membela Sloboda Uzice di Liga Serbia dengan menghasilkan 33 caps dan 8 gol tahun 2011. Padahal, di klub Serbia tersebut Ricardinho hanya berstatuskan pemain pinjaman. Kemudian kegemilangannya berlanjut tahun 2014 di Tunisia saat bermain bersama Stade Tunisien dengan 22 caps dan juga mencetak 8 gol.

Bergabung dengan Persipura di era terakhir Alfredo Vera saat kompetisi ISC 2016 hendak selesai. Laga debutnya kontra PSM Makassar di Stadion Mandala, sempat mencuri perhatian publik sepakbola Jayapura. Sebelumnya, dia juga sempat membuat decak kagum lewat aksi briliannya yang terekam di youtube. Namanya mulai redup setelah kursi pelatih Persipura berganti penghuni dari Alfredo Vera ke Liestiadi Lo.

Benarkah Ricardinho Bakal Hengkang?

Sejak pergantian pelatih Persipura dari Alfredo Vera ke Liestiadi Lo, posisi Ricardinho kian terusik. Tampil perdana sebagai penghuni starting line up di laga pembuka Gojek Traveloka Liga 1 kontra Gresik United yang berakhir imbang 1-1 April lalu, tak banyak yang bisa dilakukannya dalam pertandingan tersebut. Liestiadi pun meragukan kualitas Ricardinho, dan lebih memilih untuk membangku cadangkannya hingga jabatan pelatih Persipura berakhir di bulan Juni lalu.

Persipura kembali dilatih oleh sosok anyar asal Brasil, Wanderley Junior. Namun kedatangan mantan Pelatih Perseman Manokwari itu bukanlah sebuah jaminan bagi Ricardinho untuk kembali menghiasi skuad inti Persipura. Ricardinho harus bersaing dengan pemain muda Yanpiet Nasadit yang kian bersinar ditambah comeback-nya Imanuel Wanggai dilini tengah. Praktis, Ricardinho masih juga berkutat di bench bangku cadangan. Tanggal 12 Juli lalu dipekan ke-14 Liga 1, Ricardinho akhirnya mendapatkan kepercayaan untuk mengisi lini tengah starting line up saat Persipura menjamu Perseru Serui. Sayang, lagi-lagi penampilannya juga tidak memuaskan, kontribusinya minim dan akhirnya Persipura hanya mampu menyelesaikan pertandingan dengan hasil imbang. Padahal, dalam laga tersebut, Ricardinho sempat menjadi eksekutor sebuah hadiah penalti, namun tendangannya gagal.

Ricardinho kembali dimainkan dalam skuad inti kala Persipura bertandang ke Palembang kontra Sriwijaya FC di pekan terakhir paruh musim. Tapi, hasil imbang seolah begitu akrab dengan pemain yang berkhaskan tato itu, Persipura kembali gagal meraih kemenangan. Ricardinho sebetulnya bisa menjadi pahlawan dalam laga tersebut. Sayang, sebuah peluang emasnya terbuang sia-sia karena keegoisannya yang lebih memilih melepaskan tendangan langsung ketimbang memberikan umpan ke Prisca Womsiwor yang posisinya sedang berdiri bebas tanpa kawalan.

Paruh musim pun telah selesai, Persipura gagal mempertahankan posisi puncak klasemen dan finish di peringkat ketiga. Kabar terbaru seperti yang sudah diberitakan oleh wartaplus.com sebelumnya, manajemen dan staf pelatih akan melakukan evaluasi dan perbaikan skuad menjelang putaran kedua.

“Manajemen dan tim pelatih secepatnya akan mengambil keputusan terkait komposisi tim untuk menghadapi putaran kedua. Kita berpijak pada situasi dilapangan dan masukan dari tim pelatih serta beberapa pemain senior. Ketua Umum Persipura Benhur Tomi Mano (BTM) meminta agar segera dilakukan perbaikan terutama di lini pertahanan, dan apa yang akan dilakukan nanti sudah pasti akan diimbangi juga dengan kondisi keuangan yang ada,” ujar media officer Persipura, Bento Madubun, Senin (31/7) lalu.

Jelas ada sebuah pesan dari pernyataan tersebut, ada indikasi bahwa manajemen Persipura bakal punya pemain baru di putaran kedua nanti. Tapi siapa dan lini mana yang akan menjadi korban dari perubahan komposisi tersebut ? Lini pertahanan tentu menjadi fokus utama perbaikan, mengingat gawang Persipura telah kebobolan sebanyak 21 gol.

Teka-teki semakin menguak, setelah dalam postingan Facebook dan Instagram milik Ricardinho, Selasa (1/8) kemarin, seolah menuangkan sebuah pesan perpisahan. “Tuhan mengubah jalanmu sampai kau bergabung denganku dan menyelamatkan hidupmu dengan memisahkannya untukku. Kemanapun kau pergi, aku akan pergi, dimana kau beristirahat, repousarei. Tuhan anda akan menjadi Tuhan saya. Jalanmu akan menjadi milikku. (Ruth 1:16-17).”

Well, apa isi postingan Ricardinho tersebut ada kaitannya dengan perombakan skuad Persipura di putaran kedua nanti? Kita tunggu saja. [Djarwo]

Check Also

Die Borussen Pagari Auba 

Wartaplus. Borussia Dortmund sangat yakin Pierre Emerick Aubameyang tak akan menyebrang ke Inggris. Pelatih kepala Dortmund, ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *