HEADLINE : Wabah Campak dan Gizi Buruk Menyebabkan Kematian di Asmat Diduga Keras Pelanggaran HAM Yang Serius - Tidak Semua Wilayah Asmat Bisa Dijangkau, September Hingga Januari 2018 Terdapat 568 Penderita Campak - Lukas Enembe dan Klemen Tinal Resmi Mendaftar ke KPU Papua - Pemprov Papua: ASN Terlibat Urusan Pilkada Harus Lepaskan Status Pegawai - ,
Breaking News
Home » GENERAL » 100 Orang Pencaker Ikuti Pelatihan BLKI Papua
Para peserta pelatihan BLKI Papua yang sedang mendengarkan arahan/ Istimewa

100 Orang Pencaker Ikuti Pelatihan BLKI Papua

JAYAPURA,- Sebanyak 100 orang pencari kerja yang berasal dari Kota Jayapura dan yang tersebar di seluruh Kabupaten di Provinsi Papua mengikuti pelatihan yang digelar oleh Balai Latihan Kerja Industri.

Para pencari kerja tersebut nantinya akan mengikuti pelatihan yang terbagi dalam 5 paket kejuruan. Di antaranya, kejuruan Las Pabrikasi, Mesin Logam, Instalasi Penerangan, Otomotif dan Bangunan.

“Masing-masing akan dibagi 20 orang peserta ditiap paket kejuruan sebanyak 20 orang. Jadi total keseluruhan ada 5 paket kejuruan dengan total jumlah peserta 100 orang,“ jelas Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Kependudukan Provinsi Papua, Yan Piet Rawar, Selasa (25/7).

Yan menuturkan, pelatihan tersebut bertujuan agar para pencari kerja bisa mencapai kompetensi sesuai dengan kebutuhan pasar kerja yang terampil dan siap pakai.

“Pemerintah pusat dan Daerah memberikan perhatian khusus terhadap masalah ketenagakerjaan karena kondisi saat ini jumlah pencari kerja sangat tinggi. Maka dengan adanya Pelatihan ini kiranya dapat memenuhi pasar tenaga kerja dan terutama agar para pencari kerja juga mempunyai pengetahuan, keterampilan dan sikap sebagai pekerja yang professional,” ujarmya.

Menurutnya, jumlah pencari kerja saat ini tidak sebanding dengan ketersediaan lapangan kerja, dan juga meski lapangan kerja tersedia tapi jumlah tenaga kerja yang berkompeten masih sangat minim. Hal inilah yang mendasari pihaknya untuk senantiasa menyelenggarakan pelatihan berbasis kompeten.

“Kita harus terus memberikan perhatian serius kepada tenaga kerja karena berkaitan dengan kemiskinan, jika seseorang tidak memiliki pekerjaan maka tidak punya penghasilan yang akan dibelanjakan untuk kebutuhan hidupnya,“ pungkasnya. [Djarwo]

Check Also

Setiap OPD Provinsi Diminta Siapkan Data Untuk Penyusunan LKPJ AMJ Gubernur

JAYAPURA,- Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua diminta untuk mulai menyiapkan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *